A. Komputasi
Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritme. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.
Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu
(sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi
komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan
masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam
perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang
mendasar dalam ilmu.
Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science),
yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini
juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari
ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi
dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model
matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah
berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu
tersebut.
B. Pemrograman
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau ‘pekerjaan’ sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.
Bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman yang
berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda (disebut paradigma
pemrograman). Pilihan bahasa yang digunakan adalah tunduk pada banyak
pertimbangan, seperti kebijakan perusahaan, kesesuaian untuk tugas,
ketersediaan pihak ketiga paket, atau keinginan individunya. Idealnya,
bahasa pemrograman yang paling cocok untuk tugas yang dihadapi akan
dipilih. Trade-off dari ideal ini melibatkan cukup menemukan programmer
yang tahu bahasa untuk membangun sebuah tim, ketersediaan compiler untuk
bahasa, dan efisiensi dengan program-program yang ditulis dalam bahasa
tertentu mengeksekusi.
Beberapa bahasa pemrograman adalah:
- Assembly
- Ada
- Basic
- C atau C++
- C#
- Cobol
- Java
- Fortran
- Clipper
- Pascal
- Visual Basic
Allen Downey, dalam bukunya How To Think Like A Computer Scientist, menulis:
Rincian terlihat berbeda dalam berbagai bahasa, tetapi beberapa petunjuk dasar muncul di hampir setiap bahasa:
* Input: Get data dari keyboard, file, atau beberapa perangkat lain.
* Output: Display data pada layar atau mengirim data ke file atau perangkat lain.
* Berhitung: Lakukan operasi aritmatika dasar seperti penjumlahan dan perkalian.
* Bersyarat eksekusi: Periksa kondisi tertentu dan melaksanakan urutan sesuai pernyataan.
* Pengulangan: Lakukan beberapa tindakan berulang-ulang, biasanya dengan beberapa variasi.
* Output: Display data pada layar atau mengirim data ke file atau perangkat lain.
* Berhitung: Lakukan operasi aritmatika dasar seperti penjumlahan dan perkalian.
* Bersyarat eksekusi: Periksa kondisi tertentu dan melaksanakan urutan sesuai pernyataan.
* Pengulangan: Lakukan beberapa tindakan berulang-ulang, biasanya dengan beberapa variasi.
Banyak bahasa komputer
menyediakan mekanisme untuk memanggil fungsi yang disediakan oleh
perpustakaan. Menyediakan fungsi-fungsi di perpustakaan mengikuti
konvensi runtime yang sesuai (misalnya, metode lewat argumen), maka
fungsi-fungsi ini dapat ditulis dalam bahasa lainnya.
Bahasa Pemrograman (DEV C++)
Dev-C++ adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) C / C++ yang sudah dilengkapi dengan TDM-GCC Compiler (bagian dari GNU Compiler Collection / GCC). Dev-C++ merupakan IDE gratis dan full featur yang didistribusikan dibawah lisensi GNU General Public Licenseuntuk pemrograman C dan C++. IDE sendiri adalah Lembar kerja terpadu untuk pengembangan program.Versi Dev-C++ yang digunakan dalam penulisan program-program di materidosen.com adalah Dev-C++ 5.11, yang dirilis pada tanggal 27 april 2015. Compiler C++ yang digunakan dalam Dev-C++ 5.11 adalah TDM-GCC4.9.2. (bagian dari GNU Compiler Collection / GCC).
Berikut saya lampirkan sebuah percobaan penggunaan bahasa pemrograman (DEV C++) :
dengan keterangan :
iostream.h : Merupakan singkatan dari input outout stream header yang digunakan sebagai standar input output operasi yang digunakan oleh bahasa C++. Fungsi-fungsi yang ada didalam iostream.h antara lain sebagai berikut :
- cout : merupakan fungsi keluaran pada C++ yang menampilkan data dengan tipe data apapun kelayar.
- cin : merupakan fungsi masukan pada C++ yang bisa memasukan data berupa numerik dan karakter.
- endl : merupakan suatu fungsi yang manipulator yang digunakan untuk melakukan perintah Newline atau pindah baris
- Int main() : merupakan fungsi utama dari sebuah kode bahasa C. Fungsi ini memberikan nilai balik menurut type datanya, dan karena memiliki nilai balik maka diberikan perintah return nilai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar